DEFINISI AKHLAK DAN TASAWUF
Tawawuf merupakan ilmu yang mempelajari
bagaimana mensucikan hati untuk mencapai insane kamil. Sedangkan akhlak
merupakan ekspresi jiwa yang bersifat konstan yang terekspresikan dalam bentuk
tindakan sehari-hari.
HUBUNGAN AKHLAK DAN TASAWUF
Internalisasi pengenalan diri kepada Allah
adalah dengan cara “Taraqqi” yaitu suatu proses naik (berbuat baik kepda
Allah) kemudian turun (berbut baik kepada sesma manusia).
Adapun untuk mencapai tasauf ada 3, yaitu:
- tidak layak wujud : ketika kita melihat semu orang adalah salah karena tidak seuai dengn pandangan kita
- sama antara ada dan tiada : hal ini bisa dilakukan ketika kita mudah terpengaruh oleh lingkungan di sekitar kita.
- yang dibutuhkan maka tidak boleh uzlah.
Hubungan akhlak dan tasawuf
- sama
alasannya adalah seorang taswuf akan
naik tingkatannya ketika dibrengi dengan akhlak yang baik
- punya makna beda
alasannya adalah dari tujuan
msing-masing, yakni tasauf bertujun untuk mensucikan hati seseorang, sedang
akhlak bertujuan bagaimana seseorang dapat memanage potensi-potensi yang
dimiliki jiwa manusia.
- saling melengkapi
alasannya seseorang bisa suci
htinya manakala berakhlak karimah
PERBANDINGAN MORAL ETIKA DAN AKHLAK
- menurut sumbernya
akhlak bersumber dari wahyu, moral
dari kesepakatan social, sedangkan etika berumber dari ilmu
- menurut tujuannya
akhlak bertujuan untuk mengharap
ridho Allah, moral bertujuan mendapt ridhonya manusia, sedangkan etika
bertujuan untuk kepuasan keilmuan.
PERBUATAN MANUSIA DITINJAU DARI MADZHAB
PSIKOLOGI
Manusia di barat dipndng dari sifat hayawaniyah
karena ilmu mempercayai bhwa jika sesuatu yang berjalan pada akhirnya akan
rusak dan akan mati.mka muncul .
Contoh beberapa aliran mengenai hal ini
- aliran behaviorisme (diberikan suatu kebiasaan sehingga dari kebisaan itu secara hayawaniyah memproduksi hormone. Maka ketika ada stimulus yang sama, sifat hayaaniyh itu akan muncul secara tidak langsung)
- aliran natiq (perbuatan manusia akan menyesuaikan suatu kesadaran).
Tingkatan kesadaran manusia
- Aid ; suatu keinginan
- Ego ; suatu kesadaran
- superego; suatu kesadaran yang telah menjadi norma
NAFS, AKAL, QOLB DAN RUH
Keempat kata ini bersifat musytarok. Madzhab
filosof menyebutnya dengan jiwa dan akal. Namun para ulama’ menyebutnya dengan
hati/qolb. Maka kita harus membedakan pemahaman di antara keempatnya apakah
dipahami secara lahir ataukah bathin. Secara lahir memang terkesan berbeda,
sama halnya kita membedakan antara dolar, rupiah, rupee, dan ringgit. (secara
lahir berbeda). Namun kalau kita memahami secara bathin (rasa), maka keempatnya
sama saja sebagai mata uang.
16:29 |
Category: |
0
comments
Comments (0)